|

Notebook LM, AI Baru Untuk Ringkas Teks Panjang!

Review penggunaan alat memo Google ‘Notebook LM’

Ketika membaca banyak dokumen kompleks, terkadang kita berharap ada yang bisa meringkasnya dalam satu kalimat. Ini karena butuh waktu lebih lama untuk memahami dan mengubah dokumen yang sulit dibaca. Untuk mengatasi kesulitan ini, ulasan ini memperkenalkan penggunaan dasar dan fitur khusus Notebook LM beserta contohnya.

Notebook LM
Image created directly with MS Designer

Notebook LM adalah alat pendukung penelitian dan penulisan berbasis kecerdasan buatan (AI) yang pertama kali diperkenalkan dengan nama ‘Project Tailwind’ di Google I/O pada Mei tahun lalu. Awalnya, cakupan penggunaan dan fungsinya terbatas, tetapi dengan dirilisnya versi terbaru berbasis Gemini 1.5 Pro, kini alat ini bisa digunakan secara gratis di lebih dari 200 negara dan wilayah di seluruh dunia, termasuk Korea.

Source: Google Korea Blog, Gemini

Fitur-fitur versi terbaru:

  1. Dukungan bahasa multinasional: Mendukung 108 bahasa antarmuka di lebih dari 200 negara di seluruh dunia, termasuk Korea, dan memungkinkan komunikasi dan analisis data dalam 38 bahasa.
  2. Perluasan penggunaan sumber: Sekarang, tidak hanya dokumen Google, PDF, dan file teks, tetapi juga Google Slides dan URL web diakui sebagai sumber.
  3. Pengakuan berbagai bentuk: Melalui fungsi multimodal, Anda bisa mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban tidak hanya tentang teks, tetapi juga tentang gambar, grafik, dan diagram.
  4. Panduan Notebook: Membantu pengguna memahami dengan mengubah materi asli menjadi format yang berguna seperti FAQ, dokumen ringkasan, dan panduan belajar.
  5. Inline citation: Anda bisa dengan mudah memeriksa kebenaran jawaban AI dengan melihat sumber jawaban dan memeriksa teks asli secara detail.
Inline citation function within the text

Area penggunaan yang tersedia:

Notebook LM bisa digunakan dengan berbagai cara dalam kehidupan sehari-hari atau pekerjaan, berikut contohnya:

  • Mengorganisir notulen rapat: Anda bisa dengan cepat meringkas notulen rapat yang panjang untuk memahami poin-poin utama saja.
  • Buku panduan: Anda bisa membuat pertanyaan dan jawaban yang sering diajukan dan menggunakannya sebagai pusat bantuan atau panduan onboarding.
  • Analisis makalah penelitian: Merangkum isi utama dari makalah penelitian kompleks dalam satu kalimat untuk membantu pemahaman.
  • Laporan proyek: Menyampaikan perkembangan dengan cepat melalui ringkasan singkat dari laporan proyek yang panjang.
  • Ringkasan artikel: Merangkum artikel berita panjang agar Anda bisa dengan mudah mengakses berita terbaru di tengah kesibukan sehari-hari.

Memulai dengan Notebook LM:

Akses Notebook LM: Kunjungi https://notebooklm.google.com dan masuk. *Notebook LM bisa login dengan akun Google dan saat ini tersedia untuk digunakan secara gratis.

Buat notebook baru: Setelah masuk, klik ‘New Notebook’ untuk membuat notebook baru.

Tambahkan file untuk analisis dan ringkasan: Klik ikon ‘+’ di sebelah kiri dan pilih jenis file yang diinginkan (misalnya PDF, file teks, dokumen Google, Google Slide) dari sumber untuk ditambahkan.

Memanfaatkan fungsi Notebook LM:

📔Panduan Notebook Panduan notebook membantu pengguna memahami dan memberikan tugas yang perlu dilakukan untuk mendukung pekerjaan yang efisien. Saat Anda memuat sumber, Notebook LM secara otomatis menghasilkan panduan pembuatan dokumen untuk materi yang telah Anda kumpulkan dalam notebook, termasuk ringkasan singkat dan tiga pertanyaan yang direkomendasikan untuk membantu Anda memahami materi.

1. Pembuatan

Fungsi pembuatan memungkinkan Anda membuat dokumen dengan cepat dan mudah dalam berbagai format. Notebook LM mengubah konten sumber yang diunggah pengguna menjadi format FAQ, panduan belajar, daftar isi, garis waktu, dan dokumen briefing.

  • FAQ: Fitur FAQ secara otomatis membuat panduan FAQ berdasarkan materi sumber. Fitur ini mengatur beberapa pertanyaan dan jawaban bersama-sama.

  • Panduan belajar: Fungsi panduan belajar diatur secara berbeda tergantung pada sumbernya, dan terdiri dari pengorganisasian istilah utama, pembuatan kuis, meringkas konten, konten utama, dan penarikan implikasi utama.

  • Daftar Isi: Fitur ini membuat draft laporan yang diatur dalam bagian seperti pendahuluan, isi, dan kesimpulan.

  • Dokumen briefing: Fungsi ini menganalisis dan meringkas poin utama dari sumber dan menempatkannya dalam format yang nyaman untuk pelaporan atau penjelasan.

  • Garis waktu: Fungsi garis waktu direkomendasikan saat mengunggah sumber seperti wawancara dan notulen rapat.

2. Ringkasan

Panduan notebook memberikan ringkasan yang mudah dibaca berdasarkan dokumen yang diunggah.

3. Pertanyaan yang Direkomendasikan

Dalam panduan notebook, Anda akan diberikan tiga pertanyaan, dan pertanyaan tambahan dapat diajukan berdasarkan pertanyaan yang Anda pilih.

 

Baca juga: Generative AI Yang Asyik: Bikin Hidup, Kerja, Dan Belajar Lebih Gampang!

📃Panduan Sumber

Dengan menggunakan fungsi ini, Anda dapat memeriksa ringkasan, konten asli, dan kata kunci utama dari masing-masing sumber yang diunggah.

⌨️Chat sekarang

Selain panduan yang diberikan, Anda dapat mengajukan pertanyaan tentang materi atau memberikan panduan kepada model dalam melaksanakan tugas. Ini dilakukan dengan menulis pertanyaan atau instruksi di kotak chat dan mengklik panah atau menekan Enter untuk mengirim pertanyaan Anda. Ini memungkinkan Anda untuk memasukkan atau mengecualikan sumber tertentu yang harus digunakan NotebookLM untuk menjawab pertanyaan Anda.

✏️Catatan

Anda dapat membuat hingga 1.000 catatan memo per notebook. Anda dapat membuat catatan kosong atau menyimpan respons chat untuk membuat catatan memo dan menggunakannya sebagai sumber baru.

  • Buat catatan baru: Anda dapat menulis teks atau menempelkan respons Anda dengan mengklik Tambah Catatan di pojok kiri atas.

  • Manfaatkan catatan yang ada: Pilih memo dan pilih salah satu tindakan yang disarankan (meringkas, merekomendasikan ide terkait, membuat panduan belajar, membuat garis besar, menggabungkan menjadi satu catatan) untuk membuat catatan baru berdasarkan isinya.

Dengan menggunakan Notebook LM, Anda dapat meringkas, menganalisis, dan mengelola dokumen dengan lebih efisien. Aplikasi ini sangat bermanfaat dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari dan profesional, mulai dari mengorganisir notulen rapat hingga meringkas artikel berita panjang.

 

Notebook LM limitations

Secara keseluruhan, Notebook LM bisa menjadi alat yang berguna untuk berbagai tugas, tetapi masih memiliki beberapa keterbatasan. Dengan memahami keterbatasan ini, Anda bisa memaksimalkan keakuratan dan kegunaan jawaban yang dihasilkan oleh Notebook LM.

Batasan Sumber

  • Batas Kata: Setiap sumber bisa mengandung maksimal 500.000 kata.
  • Format yang Didukung: NotebookLM mungkin tidak bisa memahami gambar, slide, grafik, dan diagram yang ada dalam Google Slides dan Docs.

Batasan Notebook

  • Jumlah Catatan: Setiap notebook hanya bisa menyimpan maksimal 50 sumber dan 1.000 catatan.
  • Kontrol Versi: Saat ini kami tidak mendukung kontrol versi dan riwayat revisi untuk catatan.

Pembatasan Berbagi

  • Siapa yang Bisa Berbagi: Akun personal dan EDU bisa berbagi notebook dengan maksimal 50 orang, tetapi tidak bisa berbagi dengan Google Groups.
  • Pembatasan Domain: Anda hanya bisa berbagi notebook dengan pengguna lain dalam domain yang sama dengan akun Anda (misalnya, @gmail.com, @xyz.edu).

Batasan Lainnya

  • Lingkungan Penggunaan: Notebook LM saat ini dioptimalkan untuk komputer desktop, jadi font mungkin terlalu kecil jika dilihat di perangkat mobile.
  • Format Dokumen: Saat mengunggah dokumen, Anda bisa mengubah format tabel dan melewati gambar di NotebookLM.
  • Penghitungan Angka: NotebookLM melaporkan angka dalam sumber Anda dengan akurat saat mengolah kata dan ide, tetapi ketika Anda memintanya untuk melakukan perhitungan matematis, mungkin akan sulit memberikan jawaban yang tepat.

Dengan menggunakan Notebook LM, Anda bisa meringkas, menganalisis, dan mengelola dokumen dengan lebih efisien. Aplikasi ini sangat bermanfaat dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari dan profesional, dari mengorganisir notulen rapat hingga meringkas artikel berita panjang.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *