12 Tips Jitu Belajar Bahasa Korea Tingkat Pemula, Siap Coba-Green Academy

12 Tips Jitu Belajar Bahasa Korea Tingkat Pemula, Siap Coba?

Hai Greener! Sudah tahu kan, kalau belajar bahasa Korea kini jadi tren di kalangan generasi millennial? Ini bukan hanya karena pecinta drakor di Indonesia makin tinggi, tapi juga ada alasan lain. Misalnya keinginan untuk traveling, hingga menempuh pendidikan di Korealah yang membuat banyak orang kini tertarik belajar bahasa Negeri Ginseng tersebut.

Bahasa memang jadi persyaratan Anda mengambil beasiswa. Ada banyak pilihan beasiswa ke Korea untuk universitas yang menyaratkan penguasaan bahasa lokal. Termasuk kamu yang ingin mencoba di event residensi budaya, penguasaan bahasa Korea tentunya jadi nilai plus.

Tips Belajar Bahasa Korea untuk Pemula

Nah, kalau mau sukses belajar sampai bisa, Anda perlu tahui tips belajar bahasa Korea yang terbukti ampuh. Berikut ini beberapa tips yang bisa Ana coba agar lebih cepat dalam menguasai pembelajaran bahasa Korea secara pasif dan aktif.

1. Pelajari Hangul

Tips pertama yang perlu Anda lakukan sebelum belajar bahasa Korea secara serius, cobalah untuk memahami Hangul lebih intensif. Hangul adalah alfabet Korea yang jumlahnya terdiri dari 24, yakni 14 huruf konsonan dan 10 huruf vokal.

Sekilas, Hangul ini memang terlihat sulit dan rumit. Namun, jika Anda sudah akrab mempelajarinya, huruf tersebut ternyata menyenangkan untuk Anda pelajari, lho!

2. Membentuk Kosakata

Setelah Anda menguasai Hangul, maka tahap selanjutnya adalah belajar cobalah membentuk kosakata dari huruf-huruf tersebut.

Cara mudahnya, Anda bisa membentuk angka lebih dulu. Selanjutnya, coba buat kata-kata sederhana harian, nama hari, bulan, dan seterusnya.

Cara sederhana ini akan membantu kamu memiliki penguasaan kosakata yang lebih banyak dalam bahasa Korea. Berangkat dari kosakata inilah Anda bisa menyusun sebuah kalimat dengan baik.

3. Belajar Konglish

Dalam bahasa Indonesia, Anda pasti sudah tahu dengan istilah kata serapan, yakni istilah kata dari bahasa asing yang kemudian menjadi bagian dari bahasa Indonesia.

Nah, dalam bahasa Korea pun demikian. Konglish merupakan bahasa Korea yang berasal dari bahasa Inggris. Pengucapan kata Konglish ini tentunya lebih mudah dan mirip dengan bahasa Inggris.

Kosakata ini akan lebih memudahkan Anda cepat memiliki pengetahuan kosakata bahasa Korea dengan jumlah yang lebih banyak. Beberapa contoh Konglish ini misalnya hompi (homepage), pija (pizza), banana (banana), keop (cup), dan lainnya.

4. Membuat Lingkungan Bahasa Korea

12 Tips Jitu Belajar Bahasa Korea Tingkat Pemula, Siap Coba-Green Academy
Photo by Green Academy

Tips belajar bahasa Korea yang efektif dan cukup membantu adalah dengan cara Anda perlu menciptakan lingkungan berbahasa Korea di sekitar Anda.

Sebagai contoh, Anda bisa menjalin pertemanan dengan rekan dari Korea, membaca berita-berita Korea, membaca buku-buku berbahasa Korea, mendengarkan musik, membuat setelan bahasa di ponsel menjadi Korea, dan seterusnya.

Di kamar, Anda bisa buat tempelan label meja dengan bahasa Korea, bahkan untuk perabot lain seperti kursi, jendela, pintu, tempat tidur, buku, dan sebagainya. Tempel dengan label bertuliskan bahasa Korea sampai Anda benar-benar ingat dan hafal.

Orang mungkin akan berpikir Anda berlebihan. Tapi tenang saja, sebab cara ini sangat efektif membantu Anda menguasai bahasa asing lebih cepat. Ini karena inti dari belajar bahasa adalah membiasakan, dekat, dan terus diucapkan.

5. Gunakan Bantuan Perangkat Aplikasi

Di era serba teknologi saat ini, Anda bisa memanfaatkan layanan teknologi aplikasi yang lebih praktis, mudah, dan bisa mengartikan bahasa dalam waktu cepat. Aplikasi kamus online misalnya bisa membantu Anda lebih cepat mengartikan kosakata, serta memiliki pilihan yang lebih banyak terhadap sebuah kosakata.

Beberapa aplikasi berikut ini bisa Anda unduh untuk membantu pembelajaran bahasa Korea, yakni quizlet, eggbun, drops, naver Korean dictionary, duolingo, drops, hellotalk, memrise, dan lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa mengakses beberapa website khusus untuk belajar bahasa Korea seperti Zkorean.com, korea.go.kr, learn-korean.net, seoulina.com, dan lainnya. Ada banyak website pembelajaran yang bisa Anda jadikan referensi untuk belajar secara daring kapan saja dan di mana saja.

6. Menghafal Kosakata

Dalam belajar bahasa asing, satu yang tidak boleh terlewat adalah dengan terus memperbanyak penguasaan kosakata. Demikian pula saat bahasa Korea, Anda perlu memiliki pengetahuan kosakata yang banyak untuk memastikan Anda bisa berbicara dengan baik.

Bagaimana caranya agar bisa memiliki penguasaan kosakata yang lebih banyak? Jika Anda menonton drakor, maka mulailah menghafal kata-katanya. Begitu juga saat mendengarkan musik, membaca berita atau media sosial, dan lainnya.

Jangan lupa mencatat setiap kata, menyimpannya dalam catatan atau ingatan Anda. Jika lupa, gunakan alat bantu seperti kamus online untuk mengingatkannya kembali.

7. Belajar Menyusun Kalimat

Tahapan belajar bahasa Korea yang cukup sulit adalah proses menyusun kalimat. Pola kalimat dalam bahasa Korea ini sangat berbeda dengan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Karena lebih rumit, Anda pun perlu lebih telaten dalam mempelajarinya.

Belajar grammar dalam bahasa Korea memang tantangan, tetapi jangan membuat Anda akhirnya berpikir bahwa bahasa Korea itu sulit.

Cara mudahnya, Anda bisa membaca media sosial milik media-media berita Korea. Lihat bagaimana pola penyusunan kalimatnya, lalu simak juga bagaimana netizen Korea bertutur dalam bahasa asli mereka.

Anda bisa menghafalkan susunan kalimat-kalimat tersebut dengan tetap mempelajari kaidah penulisannya yang benar. Cara seperti ini akan lebih memudahkan Anda berpikir bahwa belajar bahasa itu mudah.

8. Belajar Kalimat Sehari-hari

12 Tips Jitu Belajar Bahasa Korea Tingkat Pemula, Siap Coba-Green Academy
Photo by Suzi Kim on Unsplash

Saat kursus belajar bahasa Korea, Anda biasanya akan berlatih bagaimana cara membuat kalimat sehari-hari yang sering Anda temui atau lakukan. Sama seperti ketika Anda belajar bahasa Inggris, Anda akan belajar bagaimana memperkenalkan diri, mengucapkan salam, menceritakan pengalaman sehari-hari dan seterusnya.

Menggunakan bantuan perangkat teknologi akan lebih memudahkan Anda mengetahui kalimat sehari-hari tersebut. Lebih mudah, cepat, dan efektif.

Perangkat seperti Google Translate misalnya, akan bisa jadi penolong darurat sewaktu-waktu. Jika Anda membutuhkan bantuan pemahaman kalimat dalam bahasa Korea untuk waktu yang lebih cepat, cukup tinggal klik dan gunakan fitur tersebut. Namun, pastikan Anda juga telah memahami kaidah grammar yang benar dalam bahasa Korea.

9. Pelajari Budaya dan Tradisi Korea

Belajar budaya suatu daerah biasanya jadi pelengkap bagi seseorang yang sedang belajar bahasa setempat. Sebab, bahasa merupakan bagian dari budaya. Nah, agar bisa makin mahir berbahasa Korea, Anda tentu perlu mempelajari budaya masyarakatnya.

Selain itu, belajar budaya ini juga akan lebih menarik karena Anda akan lebih banyak mendapatkan kebiasaan, tradisi, serta cerita-cerita tentang Korea.

Apalagi jika Anda memang seorang yang sangat suka dengan hiburan Korea, misalnya drama Korea atau K-pop, tentu sedikit banyak akan bisa membantu proses belajar Anda. Mempelajari hal-hal yang Anda sukai akan memberikan semangat lebih untuk Anda belajar.

10. Praktik Bahasa Korea

Belajar bahasa asing intinya pada praktik. Demikian juga saat belajar bahasa Korea. Anda harus praktik membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan bahasa ini agar cepat fasih.

Bagaimana caranya? Anda harus memiliki lingkungan atau komunitas yang mendukung dengan praktik tersebut. Maka bertemanlah atau membuat semacam komunitas daring maupun luring untuk membiasakan Anda berkomunikasi dengan bahasa Korea.

Perangkat teknologi dalam hal ini juga akan membantu Anda untuk bisa berkomunikasi dan praktik bahasa Korea dengan lebih baik dan cepat. Jika Anda terkendala dengan arti kosakata, maka bisa segera menggunakan kamus online atau perangkat digital lainnya.

11. Maksimalkan Cara Belajar Individu yang Terbaik

Pola belajar seseorang tebtu berbeda satu sama lain. Belajar bahasa ini memerlukan cara belajar individu yang lebih efektif. Misalnya, Anda lebih mudah dan senang menemukan kosakata atau kalimat melalui lagu, maka Anda bisa memaksimalkan potensi ini.

Cara lainnya, misalnya lebih bisa memahami melalui nonton film, maka Anda pun bisa mengoptimalkan cara belajar dengan nonton tersebut.

Ada juga pilihan cara orang berkoresponden dengan warga negara asing untuk memudahkan dalam mengimplementasikan penggunaan kalimat dan bahasa. Cara ini juga bisa Anda pilih. Ruang sosial media yang terbuka saat ini memungkinkan Anda bisa berinteraksi dengan siapa saja dan kapan saja.

Temukan cara individu yang paling efektif dan menyenangkan dalam belajar bahasa Korea. Setiap orang mungkin memiliki pilihan dan cara yang berbeda.

12. Pilih Lembaga Kursus yang Tepat

Untuk Anda yang ingin belajar bahasa Korea tingkat pemula, tentu akan lebih efektif dengan cepat jika Anda memilih lembaga kursus yang tepat dan profesional.

Mengapa harus menggunakan lembaga kursus? Cara ini akan membantu Anda mendapatkan pembelajaran yang memang berstandar Korea.

Walaupun di level pertama Anda belum bisa mahir berbahasa Korea, tetapi Anda akan mendapatkan mentor dengan kualitas yang baik. Selain itu, Anda akan belajar dengan kurikulum resmi yang standarnya Korea, termasuk perangkat pembelajaran yang lebih memudahkan bagi pemula.

Saat ini ada banyak lembaga belajar bahasa Korea yang tersaji secara luring dan daring. Namun, perlu Anda tahu bagaimana sistem belajar sebuah lembaga akan sangat memengaruhi ketertarikan dan kecepatan Anda dalam menguasai sebuah bahasa.

Pilihlah lembaga kursus yang lebih menekankan pada praktik, memiliki ekosistem belajar yang nyaman dan efektif untuk praktik.

Rekomendasi Lembaga Kursus Bahasa Korea Profesional

Rekomendasi lembaga belajar bahasa Korea terbaik dan profesional adalah Green Academy. Partner dunia pendidikan yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun ini menawarkan berbagai keunggulan layanan untuk belajar bahasa Korea, yakni:

  • Pembelajaran 100% langsung sehingga efektif membantu lebih cepat menguasai bahasa.
  • Fasilitas dan infrastruktur yang lengkap dan berkualitas.
  • Kebijakan yang memudahkan dan biaya yang lebih bersahabat.
  • Menggunakan kurikulum pembelajaran yang berstandar resmi dari Korea.
  • Kemudahan konektivitas dengan dunia kerja.
  • Bersertifikat internasional.
  • Waktu pembelajaran yang lebih fleksibel.

Green Academy membantu Anda belajar bahasa Korea dengan cara yang mudah, hemat, dan menyenangkan. Anda bisa berinteraksi langsung dengan para tutor berpengalaman, asli Korea. Metode pembelajaran dibuat menyenangkan, mudah, dan pastinya memberikan pengalaman belajar yang berkualitas.

Kesimpulan

Sebagai bahasa internasional di peringkat ke-13 yang populer dan banyak menjadi pilihan orang di seluruh dunia, belajar bahasa Korea tetap menyenangkan Anda coba.

Mulai belajar dari hal yang sederhana, memanfaatkan layanan teknologi, mencoba praktik secara intens, membuat lingkunganĀ  belajar yang kondusif, hingga memilih lembaga kursus yang tepat untuk belajar.

Bahasa Korea yang baik ini akan membantu Anda meraih beasiswa, peluang kerja, berkunjung ke Korea untuk berbagai kepentingan seperti bisnis atau kunjungan budaya.

Bersama Green Academy, Anda akan bisa belajar bahasa Korea dengan cepat, mudah, dan menyenangkan. Lebih hemat dan pastinya akan membantu Anda lebih cepat berbahasa Korea dengan baik dan benar.

Mulai belajar bahasa Korea sekarang! Siapa tahu dengan belajar bahasa asing ini akan membuka peluang karier untuk Anda di masa depan. Semakin Anda menguasai bahasa, maka semakin Anda bisa menguasai dunia.

 

1. Apa saja tips belajar bahasa Korea untuk pemula?

Beberapa tips belajar bahasa Korea untuk pemula adalah: 1. Pelajari Hangul, 2. Membentuk kosakata, 3. Belajar Konglish, 4. Membuat lingkungan bahasa Korea, 5. Gunakan aplikasi, 6. Menghafal kosakata, 7. Belajar menyusun kalimat, 8. Belajar kalimat sehari-hari, 9. Pelajari budaya dan tradisi, 10. Praktik bahasa Korea, 11. Maksimalkan cara belajar, dan 12. Pilih lembaga kursus terbaik.

2. Apa itu Hangul yang penting saat belajar bahasa Korea?

Ketika belajar bahasa Korea, Anda wajib memahami Hangul yang merupakan alfabet Korea yang jumlahnya terdiri dari 24, yakni 14 huruf konsonan dan 10 huruf vokal.

3. Bagaimana cara belajar bahasa Korea sesuai individu?

Belajar bahasa Korea bisa disesuaikan dengan kesukaan masing-masing individu, seperti misalnya melalui drama Korea, K-pop, makanan Korea hingga berbagai budaya Korea lainnya.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *