Lulus Kursus, Berapa Besar Gaji dan Prospek Kerja Pembuat Animasi - Green Academy

Lulus Kursus, Berapa Besar Gaji dari Prospek Kerja Pembuat Animasi?

Hai Greener! Animasi menjadi salah satu karya hiburan yang tidak pernah padam dari masa ke masa. Film dan video game menjadi salah satu contoh dari karya animation yang digemari banyak orang.

Tidak hanya sebagai media hiburan saja, saat ini bahkan banyak dari pemilik brand terkenal yang menggunakan karya animasi sebagai media promosinya. Itu karena karya tersebut punya magnet tersendiri, sehingga banyak orang yang tertarik.

Hal tersebut kemudian menjadi salah satu alasan mengapa saat ini semakin banyak orang yang tertarik untuk menjadi pembuat animasi atau istilahnya adalah animator.

Apakah Anda salah satunya?

Jika iya, maka itu adalah keputusan yang tepat. Karena seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dan era digital saat ini, profesi animator pun semakin banyak dicari.

Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai prospek kerja animator, alangkah lebih baiknya Anda mengetahui lebih dalam mengenai profesi tersebut.

Seputar Profesi Animator

Animator adalah seseorang yang memiliki keahlian untuk menciptakan karya dalam bentuk gambar. Gambar tersebut tentu beragam, dalam dunia animasi disebut juga sebagai frame animation.

Kemudian frame animation tersebut akan diurutkan bersama-sama sehingga menciptakan ilusi gerakan. Ilusi gerakan tersebutlah yang Anda kenal sebagai animasi.

Untuk membuat kesan pergerakan yang smooth, proses pembuatan animasi harus mempertimbangkan jumlah gambar atau frame rate setiap detiknya.

Biasanya dalam pembuatan film animasi seorang animator menggunakan frekuensi 24 fps (frame per second). Sehingga pergerakan gambar yang terlihat pun akan benar-benar lembut.

Proses pembuatan gambarnya pun bisa beragam, animator bisa melakukannya dengan cara konvensional ataupun secara digital.

Seorang animator professional bisa membuat animasi 2d, animasi 3d, bahkan 4d.

Karena tugas utama animator adalah menghasilkan karya berbentuk animasi, maka tentu salah satu keterampilan dasar yang harus mereka miliki adalah memiliki kemampuan artistik.

Itulah mengapa profesi yang satu ini menuntut untuk adanya kreativitas, dan memiliki kemampuan visualisasi yang baik.

Untuk mengasah kemampuan tersebut, Anda bisa mulai membiasakan diri untuk menggambar dan membuat sketsa. Banyak melakukan latihan menggambar juga bisa menjadi salah satu upaya meningkatkan selera seni seseorang.

Tidak hanya itu, seorang animator juga sebaiknya mampu menguasai dalam penggunaan perangkat lunak komputer. Karena pekerjaan animator akan sangat terbantu dengan menggunakan perangkat-perangkat canggih yang mendukung.

Selain beberapa hal tersebut, seorang animator juga sebaiknya memiliki keterampilan khusus.

Keterampilan dan Pengetahuan Profesi Animator

Adapun beberapa keahlian dan pengetahuan yang harus dimiliki seorang pembuat animasi adalah sebagai berikut:

1.     Menguasai Program untuk Desain

Dalam membuat karya animasi, seorang animator harus mengoperasikan berbagai program yang menunjang pekerjaannya.

Beberapa program yang sebaiknya Anda kuasai apabila ingin menjadi seorang animator adalah Adobe Premier, Adobe After Effects, Autodesk Maya, dan Autodesk 3ds Max.

2.     Memiliki Pengetahuan Komunikasi dan Media

Poin keterampilan ini juga tidak kalah penting, karena untuk membuat sebuah karya animasi Anda harus mengetahui bagaimana proses produksinya.

Misalnya Anda perlu mengetahui bagaimana teknik dan metode untuk menyebarkan karya animasi tersebut.

Selain itu, Anda juga sebaiknya memiliki alternatif lain dalam menginformasikan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun visual. Tujuannya adalah agar karya animasi Anda semakin banyak dilihat atau dinikmati oleh orang.

3.     Pengetahuan Prinsip dan Teknik Desain

Untuk bisa memproduksi suatu karya animasi tentu Anda harus memiliki pengetahuan dasar mengenai prinsip dan teknik desain.

Misalnya bagaimana membuat rencana teknikal yang presisi, gambar, model, hingga cetak biru.

4.     Graphics Components Skill

Seorang animator tentu harus memiliki kemampuan untuk mengetahui berbagai komponen pembentukan karya animasi, seperti karakter, pergerakan, hingga latar belakangnya.

Jadi, seorang animator harus mampu merancang latar belakang dari sebuah karakter yang ia buat, sehingga menjadi terlihat realistis.

5.     Creative Skills

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa seorang animator harus memiliki kreativitas yang cukup tinggi.

Mengapa demikian?

Karena sebagai seorang animator Anda harus menghasilkan sebuah gambar yang dapat menjelaskan konsep suatu animasi.

Bahkan pada beberapa kasus, seorang animator juga dituntut untuk mampu menciptakan alur sebuah cerita.

Dengan berbagai kemampuan dan pengetahuan di atas, lantas bagaimana sebenarnya prospek kerja seorang animator di era sekarang ini?

Prospek Kerja Animasi

Lulus Kursus, Berapa Besar Gaji dari Prospek Kerja Pembuat Animasi? - Green Academy

Photo by Ion Sipilov on Unsplash

Apabila berbicara perihal prospek kerja bidang animasi, tentu saat ini terbilang sangat luas dan cukup menjanjikan. Karena memang di era digital saat ini penggunaan animasi semakin tinggi dari tahun ke tahunnya.

Berikut beberapa peluang kerja ataupun prospek bagi Anda yang saat ini tertarik dengan dunia animasi:

1.     Animator

Peluang kerja dunia animasi yang pertama tentu menjadi seorang animator. Anda bisa membuat animasi yang beragam, seperti film animasi dengan jenis-jenis animasi yang beragam dari mulai 2d, 3d, hingga 4d.

Anda bisa bekerja dalam sebuah produksi, atau Anda juga bisa menjadi content creator dan memproduksi dan menjual kontennya sendiri.

Misalnya menggunakan media sosial, atau media-media lainnya yang menyediakan konten animasi.

2.     Illustrator

Bagi Anda yang memiliki kemampuan untuk menciptakan karya animasi, Anda juga memiliki peluang kerja menjadi seorang ilustrator.

Ilustrator memiliki tugas untuk menggambar sebuah ilustrasi sesuai dengan maksud dan kebutuhan tertentu.

Terdapat dua pilihan untuk menjadi seorang ilustrator bisa bekerja sebagai freelancer, atau bekerja untuk suatu perusahaan tertentu.

3.     Perancang Game

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa video game yang saat ini populer juga melibatkan karya animasi. Itulah mengapa, perancang game menjadi salah satu peluang kerja bagi Anda yang saat ini menggeluti bidang animasi.

4.     Komikus

Komik menjadi salah satu jenis hiburan yang memiliki banyak penggemar, tidak hanya di Indonesia tetapi juga secara Global.

Seseorang yang memiliki kemampuan menciptakan karya animasi memiliki peluang kerja untuk membuat komik, atau istilahnya adalah seorang komikus.

5.     Desain Karakter

Dalam sebuah film ataupun tayangan animasi terdapat team yang bertugas untuk mendesain karakter, sehingga karakter tersebut menjadi lebih realistis.

Misalnya dengan menciptakan pakaian dan ekspresi yang sesuai dengan karakteristik karakter tersebut.

6.     Editor

Peluang kerja lainnya adalah menjadi seorang editor. Jadi Anda bisa menjadi penentu akhir dari sebuah karya animasi.

Seorang editor harus memiliki kemampuan untuk bisa mengoreksi setiap karya sehingga hasilnya menjadi lebih baik dan berkualitas.

7.     Motion Graphic

Motion graphic merupakan proses dalam pembuatan menjadi bergerak dan seolah hidup.

Secara umum, jenis animasi yang satu ini fokus terhadap menciptakan presentasi yang menarik dengan cara menggerakan ilustrasi dan menambahkan teks sebagai pendukungnya.

Bentuk dari hasil produksinya seperti: berita, iklan, dan beberapa jenis produksi televisi lainnya.

Itulah beberapa peluang karir atau prospek dari pembuat animasi. Berbicara masalah profesi tentu tidak akan lepas dengan yang namanya gaji atau pendapatan.

Lantas, berapakah range gaji dari seorang pembuat animasi?

Kisaran Gaji Pembuat Animasi

Mengingat peluang kerjanya yang sangat luas, sebagai pembuat animasi Anda bisa kerja di berbagai industry. Seperti perusahaan produksi film, industry film, perusahaan game, perusahaan iklan, studio animasi, perusahaan design, dan lain-lain.

Di Indonesia, kisaran gaji pada berbagai perusahaan tersebut untuk profesi pembuat animasi adalah berkisar Rp4 – Rp8 juta per bulannya.

Menariknya lagi, gaji animator itu tidak hanya dari perusahaan saja. Karena seorang animator bisa memiliki kerja sampingan sebagai freelancer dengan nominal gaji sesuai projek yang harus diselesaikan.

Menariknya lagi menjadi seorang freelancer animator itu memungkinkan Anda memiliki client dari berbagai belahan dunia. Jadi, Anda bisa bekerjasama dengan orang luar negeri secara online, dengan gaji yang berbentuk dolar.

Banyaknya peluang karir serta penawaran gaji yang menjanjikan membuat sebagian orang akhirnya tertarik untuk berkarir di dunia animasi.

Namun, hal yang perlu menjadi catatan untuk menjadi seorang animator adalah Anda harus memiliki bekal yang mumpuni, seperti beberapa keahlian dan pengetahuan yang sudah dijelaskan di atas.

Cara Menjadi Animator

Menjadi seorang animator mengharuskan Anda memiliki bekal ilmu yang berkaitan dengan teknik pembuatan karya animasi.

Ilmu tersebut bisa Anda dapatkan dengan berbagai cara. Misalnya, Anda bisa mengambil jurusan perkuliahan yang berkaitan dengan animasi. Seperti, bidang ilmu Animasi, Komunikasi, Desain Komunikasi Visual, Desain Grafis, Komputer, dan beberapa jurusan atau bidang ilmu lainnya yang sesuai.

Untuk lebih memperdalam ilmu dan keterampilan Anda membuat karya animasi, Anda juga bisa melakukan kursus animasi.

Mengikuti kursus akan membantu Anda untuk membuat perancangan produksi animasi sesuai dengan kebutuhan industry saat ini.

Namun yang perlu menjadi catatan adalah pastikan Anda memilih tempat kursus yang berkualitas. Karena itu akan berpengaruh ada pola pembelajaran serta hasil belajar yang akan Anda dapatkan.

Green Academy: Lembaga Kursus Animasi Terbaik

Lulus Kursus, Berapa Besar Gaji dari Prospek Kerja Pembuat Animasi? - Green Academy

Photo by Green Academy

Sebagai lembaga partner pendidikan yang telah berpengalaman lebih dari 25 tahun, Green Academy hadir menjadi pilihan untuk Anda belajar Animasi dan 3d Modeling.

Mengapa harus Green Academy?

Karena Green Academy memiliki berbagai keunggulan yang tentunya akan sangat menguntungkan bagi Anda.

Seperti dilengkapi oleh infrastruktur yang mumpuni, proses pembelajaran yang dilakukan 100% secara langsung, instruktur yang berkualitas, hingga pemilihan waktu yang fleksibel.

Menariknya lagi adalah Green Academy memberikan penawaran bagi Anda terkait kebijakan biaya pelatihan. Green Academy mendukung pembayaran secara berangsur dengan bunga 0%. Jadi, siapa saja bisa meraih mimpinya menjadi seorang animator hebat.

Untuk program kursus animasi sendiri, Green Academy menyediakan beragam tingkatan materi pembelajaran.

Anda akan belajar dari yang paling dasar yaitu pre-modeling. Contoh pre-modeling, seperti belajar membuat objek dan ruang, hingga mengedit objek tersebut dengan perangkat dan sistem yang mendukung.

Materi pembelajaran akan dilakukan secara bertahap, yaitu dengan tahapan: pre modeling, beginner animation, intermediate animation, hingga pada tahapan advanced animation.

Pada tahapan advanced animation, Anda akan dibekali berbagai teknik pembuatan animasi seperti; proses rendering, teknik optimasi, dan berbagai metode komposisi.

Tujuan kursus animasi Green Academy adalah membantu Anda untuk mampu memproduksi karya animasi sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.

Untuk durasi kursusnya, Anda akan mengikuti kursus selama 36 jam x 11 bulan. Dalam rentang waktu tersebut Anda akan belajar banyak hal.

Kursus animasi di Green Academy, bisa membuat Anda siap untuk berkarir di bidang animasi. Selain itu, Anda akan mampu menghasilkan karya-karya animasi yang saat ini banyak dibutuhkan oleh berbagai industri baik di Indonesia maupun secara Global.

Apa itu profesi sebagai animator?

Animator adalah seseorang yang memiliki keahlian untuk menciptakan karya dalam bentuk gambar. Gambar tersebut tentu beragam, dalam dunia animasi disebut juga sebagai frame animation. Kemudian frame animation tersebut akan diurutkan bersama-sama sehingga menciptakan ilusi gerakan. Ilusi gerakan tersebutlah yang Anda kenal sebagai animasi. Untuk membuat kesan pergerakan yang smooth, proses pembuatan animasi harus mempertimbangkan jumlah gambar atau frame rate setiap detiknya.

Apa keterampilan dan pengetahuan yang harus dimiliki animator?

Adapun beberapa keahlian dan pengetahuan yang harus dimiliki seorang pembuat animasi adalah sebagai berikut: • Menguasai program untuk desain • Memiliki pengetahuan komunikasi dan media • Pengetahuan pronsip dan teknik desain • Graphics components skill • Creative skills

Apa prospek kerja animasi?

Berikut beberapa peluang kerja ataupun prospek bagi Anda yang saat ini tertarik dengan dunia animasi: • Animator • Illustrator • Perancang game • Komikus • Desain karakter • Editor • Motion graphic

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *