Langkah-Mudah-Menggambar-Anime-Dalam-Animasi-Yuk-Simak - Green Academy

7 Langkah Mudah Menggambar Anime dalam Animasi, Yuk Simak!

Hai Greener! Di zaman sekarang, anime merupakan salah satu hiburan yang menjadi favorit banyak orang. Popularitas karya animasi dari negara Jepang ini memberikan pengaruh besar khususnya untuk masyarakat Indonesia. Kini, menggambar dengan gaya anime telah menjadi hobi bahkan peluang karir di masa depan.

Pada dasarnya, anime adalah singkatan dari bahasa Inggris yaitu animation. Sementara orang yang berada di baliknya adalah animator.

Dengan tingginya minat terhadap anime, membuat kebutuhan animator di dunia profesional semakin meningkat. Tentunya, membuat anime tidak bisa Anda samakan dengan menggambar biasa.

Namun, tidak perlu khawatir akan mengalami kesulitan jika Anda memiliki hobi membuat gambar anime atau ingin menjadi animator di masa depan. Berikut adalah langkah-langkah menggambar dengan gaya anime yang bisa Anda lakukan secara mudah!

Proses Persiapan Menggambar Anime dalam Animasi

Langkah-Mudah-Menggambar-Anime-Dalam-Animasi-Yuk-Simak - Green AcademyPhoto by Kelly Sikkema on Unsplash

Jika Anda adalah seorang pemula, sebaiknya jangan langsung mengambil kertas dan pensil untuk mulai menggambar. Namun, pastikan Anda sudah melakukan beberapa persiapan agar proses menggambar berjalan tanpa ada masalah.

Berikut ini adalah beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum memulai proses pembuatan gambar anime.

1. Mempelajari Gaya Menggambar Anda

Meski sama-sama anime, namun dapat Anda lihat bahwa gaya menggambar seorang animator berbeda dengan animator lainnya. Bahkan beberapa animator memiliki gaya tertentu yang menjadi ciri khas mereka sendiri.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu gaya menggambar yang ingin Anda buat. Dengan begitu Anda tidak akan kebingungan ketika sudah mulai menggoreskan pensil di atas kertas.

Anda dapat melihat berbagai contoh gaya milik animator lain sebagai referensi. Silakan pilih gaya anime yang paling Anda sukai atau paling cocok dengan diri Anda.

Selain itu, perlu Anda pahami bahwa penentuan gaya menggambar tidak hanya boleh satu kali. Gaya menggambar Anda mungkin akan berubah seiring waktu hingga akhirnya Anda menemukan gaya terbaik untuk menjadi ciri khas.

2. Menyiapkan Peralatan Menggambar

Untuk bisa membuat animasi, tentunya Anda membutuhkan peralatan. Oleh karena itu, hal ini termasuk ke dalam tahap persiapan yang sangat penting untuk Anda perhatikan.

Anda bisa menggunakan berbagai peralatan untuk membuat anime. Beberapa peralatan yang sudah pasti Anda perlukan adalah kertas, pensil, pulpen dan alat untuk memberikan warna. Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan beberapa peralatan lain, seperti penggaris, penghapus dan sebagainya.

Namun, perkembangan teknologi membuat beberapa peralatan di atas tergantikan. Kini, Anda cukup menggunakan iPad maupun tablet untuk membuat anime. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pen tablet yang memang diperuntukkan sebagai peralatan gambar digital.

Setelah menyiapkan peralatan, Anda juga perlu menyiapkan lingkungan menggambar yang kondusif. Anda bisa menggambar di kamar atau menyiapkan ruang tersendiri agar proses menggambar bebas dari gangguan.

3. Tentukan Konsep Gambar

Salah satu hal yang membedakan animation atau anime berbeda dengan gambar biasa adalah adanya konsep di dalamnya. Sebab, anime dibuat dengan adanya cerita. Oleh karena itu, Anda perlu menentukan konsep terlebih dahulu sebelum mulai menggambar.

Anda perlu menentukan objek yang akan digambar. Selain itu, Anda juga perlu menentukan ekspresi dari objek gambar tersebut. Jangan lupa juga untuk menentukan hal lain seperti latar, ilustrasi pendukung dan berbagai hal lain di dalam gambar anime tersebut.

Dengan adanya konsep, akan membuat proses menggambar Anda menjadi lebih terarah. Anda tidak akan terlalu sering menghapus gambar karena merasa tidak cocok dengan apa yang ada di dalam pikiran Anda.

Selain menghemat waktu, hal ini juga akan membuat kegiatan menggambar jadi lebih mudah. Sebab Anda sudah memiliki visualisasi akan hasil akhir dari gambar anime yang sedang dibuat.

Langkah Menggambar Anime dalam Animasi

Langkah-Mudah-Menggambar-Anime-Dalam-Animasi-Yuk-Simak - Green AcademyPhoto by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

Setelah seluruh persiapan di atas Anda lakukan, maka Anda siap untuk mulai menggambar. Ambil peralatan menggambar Anda dan mulai ikuti langkah berikut agar Anda bisa menggambar anime secara mudah.

1. Buat Garis Bantu

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan dalam membuat gambar anime adalah membuat garis bantu. Garis bantu merupakan garis yang akan menjadi acuan Anda dalam menggambar objek.

Khususnya jika Anda adalah seorang pemula, garis bantu ini sangat membantu agar membuat gambar terlihat proporsional. Dengan begitu, gambar yang Anda hasilkan akan terlihat bagus dan tidak terkesan.

Garis bantu yang Anda buat perlu disesuaikan dengan konsep gambar. Contoh jika Anda ingin menggambar objek berupa manusia yang sedang berdiri, maka garis bantu tersebut akan berupa manusia stickman.

Tidak perlu terburu-buru dalam membuat gambar objek anime. Justru ketidaksabaran Anda hanya akan membuat gambar tidak sempurna sehingga hasilnya kurang memuaskan.

2. Buat Sketsa dengan Garis Tipis

Setelah membuat garis bantu, Anda bisa memulai menggambar bagian objek gambar sebagai sketsa. Sebaiknya gunakan garis tipis terlebih dahulu untuk mendapatkan gambaran keseluruhan objek di dalam gambar.

Selain itu, garis tipis juga lebih mudah Anda hapus jika terdapat kesalahan. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan merusak gambar secara keseluruhan jika harus mengganti beberapa bagian di dalam gambar.

Tidak perlu merasa tertekan harus membuat sketsa sempurna. Cukup buat bagian-bagian di dalam objek sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran utuhnya terlebih dahulu. Contohnya jika Anda membuat gambar manusia, Anda bisa membuat bagian kepala, torso, lengan atas, tangan dan bagian tubuh lain seakan-akan terpisah.

3. Menyambungkan Bagian Objek dan Memperjelasnya

Setelah sketsa selesai Anda buat, selanjutnya Anda bisa mulai menyambungkan bagian-bagian objek gambar sehingga terlihat lebih realistis. Selain itu, Anda juga bisa memberikan garis tebal pada gambar tersebut.

Pada tahap ini, Anda sudah bisa melihat gambar tersebut dengan lebih sempurna. Meski tentu masih diperlukan beberapa detail untuk membuat gambar lebih hidup.

Untuk mempermudah Anda dalam melakukannya, sebaiknya hubungkan bagian gambar dari paling besar ke terkecil. Contohnya Anda bisa mulai dari bagian torso ke lengan baru setelah itu melanjutkan pada bagian tangan.

4. Hapus Garis Bantu

Pada tahap ini, Anda bisa menghapus garis bantu yang sebelumnya telah dibuat. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan gambar anime yang sudah hampir sempurna.

Pastikan Anda tidak menghapus bagian yang telah diperjelas sebelumnya. Namun jika memang kesulitan untuk menghindarinya, maka Anda bisa menggambarnya kembali setelah garis bantu terhapus.

Anda juga bisa melakukan pengecekan terhadap kesalahan di tahap ini. Jika Anda merasa terdapat bagian yang perlu diperbaiki atau diperjelas, mak tidak perlu ragu untuk melakukannya. Sebab tahap selanjutnya sudah mencapai proses akhir dalam membuat anime.

5. Sempurnakan Objek dengan Pakaian atau Aksesori

Langkah selanjutnya adalah proses menyempurnakan gambar Anda. Untuk membuat gambar lebih realistis, Anda perlu memberikan pakaian maupun aksesori jika membuat gambar berupa objek manusia.

Tentunya, hal ini perlu Anda sesuaikan dengan jenis gambar Anda. Jika Anda membuat objek berupa hewan, mungkin tahap ini tidak perlu Anda lakukan. Namun, Anda perlu membuat gambar bulu atau detail lain agar hewan yang Anda buat terkesan lebih hidup.

Perhatikanlah setiap detail agar gambar Anda terlihat lebih realistis. Contohnya saat menggambar pakaian, Anda perlu memperhatikan bagian pakaian yang mengerut atau terlipat. Selain itu, perhatikan juga kesesuaian dengan bentuk tubuh dari karakter yang Anda gambar.

6. Menambahkan Detail

Untuk membuat gambar terkesan lebih nyata, Anda perlu memberikan beberapa detail tambahan. Detail tersebut seperti bayangan pada tubuh atau pakaian, ekspresi dan sebagainya.

Anda perlu menyesuaikan detail tersebut dengan konsep gambar. Contoh jika Anda menggambar seseorang yang membelakangi matahari, maka bagian depan akan terlihat lebih gelap.

7. Menambahkan Gambar Pendukung Lain

Setelah selesai dengan objek utama, maka Anda bisa melanjutkan pada gambar pendukung lainnya. Misalnya seperti latar yang menjadi tempat objek tersebut berada.

Meski tidak menjadi sorotan utama, namun gambar pendukung ini sangat penting di dalam gambar anime. Sebab sekali lagi perlu Anda ingat bahwa terdapat cerita di dalam sebuah anime sehingga Anda perlu membuat gambar pendukung untuk menguatkan cerita tersebut.

Ikuti Kursus untuk Menjadi Profesional Menggambar Anime

Anda merasa kesulitan mengikuti langkah di atas dan khawatir akan kepayahan dalam menjalankannya?

Jika Anda hanya ingin sebatas “bisa” membuat gambar anime, mungkin hal ini tidak akan terjadi. Namun jika Anda ingin menghasilkan gambar anime terbaik, mungkin memang Anda perlu sedikit mengeluarkan usaha lebih.

Perasaan kesulitan tersebut memang dapat muncul jika Anda tidak panduan. Sebab, Anda tidak bisa mengetahui kemajuan yang telah Anda capai jika hanya berlatih menggambar seorang diri.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengikuti kursus animasi jika memang serius mendalami bidang ini. Sebab melalui kursus, Anda memiliki guru yang akan memandu Anda untuk menjadi animator.

Tidak perlu pusing mencari tempat kursus terbaik untuk menjadi animator. Sebab Anda bisa mengikuti kursus belajar animasi di Green Academy yang memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut.

1. Pelajaran yang Mendalam

Kursus untuk menjadi animator di Green Academy bukanlah kursus yang hanya akan membuat Anda bisa. Sebab, kurikulum di dalamnya dibuat dengan mendalam sehingga Anda akan memiliki keterampilan yang cukup untuk menjadi animator.

Di dalam kursus ini, Anda akan belajar mulai dari dasar yaitu pre-modeling, tahap pemula hingga pada tahap advanced. Seluruh pelajaran tersebut akan Anda pelajari dalam kurun waktu 11 bulan sehingga terjamin mendalam.

2. Kursus yang Membentuk Keahlian

Seluruh kursus di Green Academy dilakukan secara tatap muka untuk menjamin setiap peserta memiliki keahlian. Oleh karena itu, tidak perlu khawatir Anda akan kesulitan mengaplikasikan ilmu dari kursus ini di dunia profesional.

Dengan melakukan kursus tatap muka, maka Anda akan terbiasa dengan pekerjaan sebenarnya dari seorang animator. Oleh karena itu, Anda dapat langsung siap terjun ke dunia profesional setelah menyelesaikan kursus ini.

3. Kualitas Pelatihan Terjamin

Green Academy merupakan penyedia berbagai jenis pelatihan ternama asal Korea Selatan. Kualitas Green Academy sudah tidak perlu Anda ragukan lagi karena terbukti telah mendapatkan berbagai penghargaan di negeri ginseng sana.

Dengan tetap mempertahankan kualitas kurikulum dan fasilitas asal Korea Selatan, Anda akan mendapatkan pelatihan bertaraf internasional di Green Academy. Karena itu, tidak perlu ragu dengan kualitas pelatihan yang akan Anda dapatkan.

Baca Juga: 13 Software Animasi Gratis Terpopuler, Wajib Tahu!

Penutup

Animation memang menjadi salah satu peluang karir terbaik di saat ini. Terlebih dengan terus meningkatnya perhatian terhadap dunia anime, membuat semakin tingginya permintaan terhadap animator. Oleh karena itu, tidak perlu menunggu dan segera bergabung dengan pelatihan kursus animasi dari Green Academy sekarang juga!

1. Apa Saja Langkah Mudah Menggambar Anime dalam animasi?

Berikut adalah tujuh langkah agar Anda bisa menggambar anime dengan mudah: - Buat garis bantu - Buat sketsa garis tipis - Menyambyungkan Bagian Objek dan Memperjelasnya - Hapus Garis Bantu - Sempurnakan Objek dengan Pakaian atau Aksesori - Menambahkan Detail - Menambahkan Gambar Pendukung Lain

2. Apa Saja Proses Persiapan menggambar Anime dalam Animasi?

Berikut ini adalah beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum memulai proses pembuatan gambar anime: - Mempelajari Gaya Menggambar Anda - Menyiapkan Peralatan Menggambar - Tentukan Konsep Menggambar

3. Apa Saja yang Perlu Disiapkan dalam Menggambar Animasi?

Untuk menggambar anime, Anda bisa menggunakan berbagai peralatan untuk membuat anime. Beberapa peralatan yang sudah pasti Anda perlukan adalah kertas, pensil, pulpen dan alat untuk memberikan warna. Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan beberapa peralatan lain, seperti penggaris, penghapus dan sebagainya. Namun, perkembangan teknologi membuat beberapa peralatan di atas tergantikan. Kini, Anda cukup menggunakan iPad maupun tablet untuk membuat anime. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pen tablet yang memang diperuntukkan sebagai peralatan gambar digital. Setelah menyiapkan peralatan, Anda juga perlu menyiapkan lingkungan menggambar yang kondusif. Anda bisa menggambar di kamar atau menyiapkan ruang tersendiri agar proses menggambar bebas dari gangguan.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *