Kotlin Developer: Deskripsi Pekerjaan dan Skill Coding yang Dibutuhkan - Green Academy

Kotlin Developer: Deskripsi Pekerjaan dan Skill Coding yang Dibutuhkan

Hai Greener, apakah Anda sudah mengenali Kotlin? Apabila belum, maka Anda perlu menyimak lebih jauh tentang bahasa coding berikut ini. Terlebih, jika Anda berkecimpung dalam dunia programmer, maka Anda wajib mempelajarinya lebih lanjut.

Sejak resmi meluncur dalam gelaran Google I/O Mei 2017 silam, bahasa pemrograman Kotlin sudah menjadi first class language dalam penciptaan aplikasi Android. Artinya, sudah banyak developer yang menggunakannya. Mari kupas tuntas tentang Kotlin ini.

Pengertian Kotlin

Berbicara deskripsi pekerjaan Kotlin app developer, pada dasarnya merupakan bahasa lintas program modern yang bersifat open source. Tujuannya agar dapat beroperasi dengan Java.

Bahasa pemrograman Kotlin ini punya sintaks lebih ringan ketimbangkan bahasa lain. Alhasil, menjadi cukup populer di kalangan pengembang Android.

Selain punya kode ringkas dan aman, bahasa pemrograman Kotlin ini juga punya fitur lainnya, termasuk kemampuan debugging mudah, serta interoperabilitas dengan Java.

Fungsi Kotlin

Secara umum, fungsi dari bahasa pemrograman Kotlin adalah agar dapat mengembangkan aplikasi multiplatform dengan lancar dan efektif.

Dalam prosesnya, lebih memudahkan para pengembang karena tidak harus membuat kode yang berbeda. Sehingga membuat durasi pengembangan dan evaluasi aplikasi lebih singkat.

Fitur Kotlin

Kotlin Developer: Deskripsi Pekerjaan dan Skill Coding yang Dibutuhkan - Green Academy
Photo by Louis Tsai on Unsplash

Setelah mengetahui tentang bahasa pemrograman Kotlin dan fungsinya, maka Anda juga harus mengenali fitur di dalamnya. Fitur yang ada lebih sederhana ketimbang Java, terutama dari sisi penulisan baris kode.

Kotlin juga memiliki interoperabilitas yang memungkinkan untuk tetap Anda gunakan walaupun bahasa pemrograman ini masih dalam pengembangan Java. Berikut adalah fitur-fiturnya secara umum :

  • Lambda expression. Terdapat fitur anonim yang berguna untuk argument function.
  • String templates. Fitur string literal yang berisi ekspresi yang tersematkan dengan contoh dan bisa Anda gunakan.
  • Operator overloading. Merupakan fitur yang berguna untuk deklarasi kata kunci tertentu dan dapat Anda gunakan berdasarkan function yang Anda tulis.

Alasan Mempelajari Kotlin

Beberapa perusahaan besar sudah menggunakan bahasa pemrograman Kotlin. Misalnya, Pinterest hingga Slack. Selain bersifat modern, bahasa pemrograman ini cukup sangat kuat, dan cocok untuk para pengembang yang sedang membuat aplikasi Android.

Jika Anda menjadi pengembang, maka harus maju terus dan dinamis terhadap perkembangan teknologi yang begitu tinggi. Apalagi, bahasa pemrograman Kotlin punya karakteristik yang sejalan dengan Android. Jika Anda Memiliki kemampuan ini, maka akan menjadi nilai plus untuk Anda.

Kelebihan Kotlin

Lantas, apa saja keunggulan Kotlin developer secara spesifik? Simak ulasannya berikut ini.

1. Lebih Singkat dan Ringkas

Bahasa pemrograman Kotlin juga punya kelebihan, yakni lebih ringkas ketimbang Java. Anda harus perlu menuliskan coding yang lebih singkat saat menggunakan bahasa pemrograman ini. Alhasil, Anda pun bisa menghemat energi dan waktu ketika sedang mengerjakannya.

2. Dapat Beroperasi dengan Java

Berikutnya, yang menjadi kelebihan dalam dunia coding dari bahasa pemrograman Kotlin adalah kemudahannya dalam mengoperasikan dengan bahasa lain, yakni Java. Anda tidak perlu pusing lagi saat menggunakan pemrograman ini pada sebuah proyek yang semula menggunakan Java.

Bahasa pemrograman Kotlin dinilai lebih baik ketimbang Java dari beberapa aspek, yakni aman dan ekspresif. Bahasa pemrograman ini bukanlah pengganti Java, namun memberi aspek tambahan yang menyempurnakan. Sehingga akan memudahkan para pengembang untuk memanfaatkan keduanya secara bersamaan.

3. Sederhana dan Mudah untuk Dipahami

Bahasa pemrograman Kotlin punya sistem yang cukup sederhana dan mudah untuk Anda pelajari. Sehingga, ketika Anda sebelumnya sudah familiar dan dapat mengoperasikan Java, maka tidak sulit untuk Anda dalam menguasai bahasa pemrograman ini.

4. Dapat Mengurangi Kesalahan

Kotlin merupakan bahasa pemrograman yang diketik dengan statis. Sehingga, Anda akan bisa mengetahui apabila terjadi kesalahan ketika sedang berada dalam tahapan kompilasi. Dengan begitu, akan ada pula type checking saat Anda berada dalam proses tersebut.

5. Punya Fitur Beragam

Seperti telah disebut di atas, Kotlin punya bekal berupa fitur lanjutan dengan berbagai macam fungsi. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa banyak pengembang menggunakannya.

Berdasarkan data developer Android, lebih dari 60 persen pengembang profesional dapat mendorong produktivitas, mendapatkan kepuasan dan performa jempolan berkat bahasa pemrograman ini.

Tugas Pengembang Kotlin

Kotlin Developer: Deskripsi Pekerjaan dan Skill Coding yang Dibutuhkan - Green Academy
Photo by Ilya Pavlov on Unsplash

Tugas dari pengembang dengan bahasa pemrograman ini tidak jauh berbeda dengan pengembang Android pada umumnya. Namun, masih sedikit ada perbedaan, yakni dari segi pengetahuan yang lebih mendalam tentang bahasa pemrograman tersebut.

Sebagai catatan, pengembang Kotlin harus punya ilmu pengetahuan yang mendalam tentang Java. Karena Kotlin dapat Anda operasikan lewat Java. Kemudian, harus dapat mengerjakan aspek-aspek berikut ini :

  • Menciptakan rancangan dan pengembangan aplikasi untuk Android yang aman, kaya fitur dan modern dengan menggunakan bahasa pemrograman tersebut.
  • Mengerti syarat dan menerjemahkan desain termasuk gambar rangka ke dalam bentuk kode.
  • Mampu mengidentifikasi dan memperbaiki adanya bug agar dapat meningkatkan kinerja.
  • Koordinasi dengan divisi desain dan pengujian dalam menciptakan aplikasi dengan performa maksimal.
  • Bekerja dengan sumber data berdasarkan syarat.
  • Membantu menjaga kualitas pada kode, fungsi ulang dan evaluasi kode secara berkelanjutan.
  • Menemukan dan kemudian menerapkan teknologi terkini demi mendorong pengalaman pengembang.
  • Menguji unit kode guna memastikan pengalaman para pengguna maksimal, tanpa adanya gangguan.
  • Kolaborasi dengan tim untuk perencanaan, pengembangan dan pengiriman fitur baru.
  • Menerapkan strategi keamanan yang sesuai dengan tujuan keamanan menyeluruh.
  • Merencanakan, melakukan pengembangan, menciptakan dan merilis aplikasi menggunakan bahasa pemrograman di atas.

Fokus utama para pengembang bahasa pemrograman ini adalah menciptakan aplikasi berbasis Android dengan integrasi backend optimal. Kemudian, bertanggung jawab dalam menciptakan dan memelihara aplikasi, mulai dari persyaratan hingga waktu rilis. Kemudian, melakukan pengembangan pada produk.

Skill yang Harus Dikuasai untuk Kotlin

Setelah memahami apa saja yang menjadi tugas para pengembang, Anda harus tahu kemampuan apa saja untuk mengerjakan tugas Kotlin Developer. Berikut adalah skill Kotlin development yang harus Anda miliki :

  1. Anda harus mempunyai kemampuan menguasai kedua bahasa pemrograman di atas, yakni Kotlin dan Java dengan baik. Sebab, keduanya merupakan bahasa pemrograman yang dibutuhkan untuk menjadi pengembang Kotlin. Dengan begitu, Anda bisa menuliskan bahasa tersebut dengan cara yang ringkas, jelas dan mudah dipahami.
  2. Lalu, Anda harus mendapatkan banyak beberapa pengalaman dalam mengembangkan aplikasi Android. Sebab, inilah dasar dari semua hal yang akan Anda pelajari selanjutnya.
  3. Skill Kotlin developer yang Anda butuhkan selanjutnya adalah memiliki kemampuan untuk debugging lebih cepat, kemampuan dalam memecahkan masalah, kemahiran dalam analitis, dan skill teknis yang kuat.
  4. Anda juga harus memahami bagaimana tahapan dalam pemeriksaan kualitas sekaligus juga kemampuan komunikasi yang baik.
  5. Memiliki bekal berupa pengalaman langsung dalam alur, desain, aktivitas arsitektur aplikasi seluler, Android SDK, studio Android dan penerapannya untuk menjadi pengembang
  6. Developer yang ideal juga harus punya pengetahuan mengenai konsep pengembangan agile dan pipeline CD/CI.
  7. Punya pengalaman membangun aplikasi Android end-to-end. Yakni mulai dari proses pembuatan desain, pengembangan, hingga penerapannya ke toko aplikasi.
  8. Walaupun tidak wajib, namun jika Anda punya pengetahuan mengenai tren aplikasi seluler terkini, pembaruan dan teknologi paling baru, maka akan sebuah nilai tambah yang berguna.
  9. Punya pemahaman yang lebih dalam mengenai siklus hidup aplikasi, dasar arsitektur, desain, dan dasar lainnya untuk peran ini.
  10. Anda juga harus mampu untuk memahami tentang XML dan RESTful API, yakni berguna sebagai penghubung antara aplikasi dengan layanan backend.

Rujukan Mempelajari Kotlin

Kotlin menjadi salah satu bahasa pemrograman dengan pertumbuhan tercepat di seluruh dunia. Para pengembang Android pun dapat secara mudah untuk beralih ke bahasa pemrograman ini dengan banyak belajar.

Ada banyak cara untuk mempelajari kemampuan bahasa pemrograman Kotlin. Anda bisa mengikuti kursus coding Kotlin development. Anda pun bisa menggunakan beberapa sumber berikut sebagai rujukan untuk mempelajari bahasa pemrograman ini.

1. Situs Web Kotlin

Situs resmi Kotlin menjadi permulaan yang tepat untuk Anda dalam mempelajari bahasa pemrograman ini. Terlebih dengan keberadaan dokumentasi yang detail dan komprehensif. Lengkap dengan tutorial dari langkah pertama hingga akhir.

2. Keddit

Keddit merupakan seri yang terdiri dari 11 bagian oleh Juan Ignacio Saravia. Di dalamnya menjelaskan tentang bahasa pemrograman Kotlin dan fitur untuk mengembangkan aplikasi.

3. Video Tutorial oleh Peter Sommerhoff

Peter Sommerhoff memberikan tutorial dari awal hingga akhir. Video tutorial ini sangat cocok untuk para pemula. Sebab, pencipta tutorial ini membahas topik yang luar biasa tentang bahasa pemrograman Kotlin. Semuanya tersedia secara gratis.

4. Blog Antonio Leiva

Antonio Leiva merupakan praktisi bahasa pemrograman yang punya sertifikat resmi dari JetBrains. Bahkan, Google pun merekomendasikan bukunya untuk mempelajari bahasa pemrograman Kotlin ini.

5. Awesome Kotlin

Di sini, tersedia daftar tautan, dokumen, perpustakaan, video hingga kerangka kerja yang begitu lengkap. Semua terorganisir secara matang dan sangat berguna untuk pengembang bahasa pemrograman Kotlin.

Kemudian, ada pula Google I/O yang membahas tentang Kotlin, hingga topik lanjutan agar para pengembang bisa mendapatkan pembaruan.

Potensi Profesi Pengembang Kotlin

Lantas, bagaimana potensi untuk profesi Kotlin developer ini? Berdasarkan catatan Ziprecruiter, rata-rata pendapatan tahunan para pengembang adalah mencapai $113.000 hingga $147.000.

Kemudian, orang yang punya kemampuan lebih, dapat menghasilkan gaji bulanan mencapai $13.208 dan $158.000 per tahun.

Selanjutnya, untuk pendapatan setiap jam, Anda bisa saja menghasilkan uang yang terbilang cukup tinggi. Antara $25 dan $40 untuk per jam. Dengan asumsi durasi kerja per tahun mencapai 2000 jam, maka Anda berpotensi mendapatkan upah hingga $80.000 untuk satu tahun.

Kesimpulan

Pengembang Kotlin merupakan para profesional yang punya kemampuan dalam mengembangkan aplikasi Android dengan bahasa pemrograman tersebut. Pengembang ini punya syarat utama, harus menguasai dunia coding, khususnya bahasa pemrograman Kotlin untuk dapat menciptakan aplikasi.

Sebagai prasyarat dalam dunia coding, para pengembang Kotlin juga harus punya pemahaman yang cukup mengenai Java. Sebab, bahasa pemrograman Kotlin dapat beroperasi dengan sistem Java. Ini menjadi bekal utama dalam menjalani pekerjaan Anda sebagai Kotlin Developer.

Nah, itulah pembahasan mengenai deskripsi pekerjaan dan skill coding yang dibutuhkan untuk menjadi pengembang Kotlin. Jika Anda ingin mendapatkan tempat belajar kemampuan tersebut, Anda tidak perlu bingung. Anda bisa memilih layanan kursus coding dari Green Academy.

Green Academy merupakan lembaga pelatihan untukĀ  pengembangan kompetensi di bidang Desain, Teknologi Informatika dan kursus bahasa Korea. Di Green Academy, semua kursusnya berfokus pada praktek.

Jadi, Anda bisa menguasai bidang yang Anda pilih, yakni bahasa pemrograman atau coding dengan cepat. Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran tentang kursus coding ini, silakan kunjungi website Green Academy. Semoga bermanfaat.

 

1. Apa itu Kotlin Apps?

Kotlin merupakan bahasa lintas program modern yang bersifat open-source agar dapat beroperasi dengan Java. Kotlin mempunyai sintaks lebih ringan, aman, memiliki kemampuan debugging mudah, serta interoperabilitas dengan Java.

2. Apa saja kelebihan dari Kotlin Apps?

Beberapa kelebihan dari bahasa pemrograman Kotlin adalah: 1. Lebih singkat dan ringkas, 2. Dapat beroperasi dengan Java, 3. Sederhana dan mudah dipahami, 4. Dapat mengurangi risiko kesalahan, dan 5. Memiliki fitur yang beragam.

3. Bagaimana fungsi dari Kotlin Apps?

Secara umum, fungsi dari bahasa pemrograman Kotlin adalah agar dapat mengembangkan aplikasi multiplatform dengan lancar dan efektif. Dalam prosesnya juga lebih memudahkan para pengembang karena tidak harus membuat kode yang berbeda. Sehingga membuat durasi pengembangan dan evaluasi aplikasi lebih singkat.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *