Serba-serbi Desain Grafis: Definisi, Tugas dan Keunggulannya-Green Academy

Serba-serbi Desain Grafis: Definisi, Tugas dan Keunggulannya

Di era modern yang pesat akan pertumbuhan dan perkembangan teknologi seperti saat ini, desain grafis banyak dibutuhkan oleh hampir semua industri. Mulai dari industri kuliner, olahraga, game, hingga berbagai jenis perniagaan.

Desain grafis merupakan bentuk baru dari sebuah jenis komunikasi yang memerlukan kecermatan dalam menyampaikan pesan ke masyarakat luas. Sehingga, tujuan dari terciptanya desain grafis akan terwujud.

Nah, untuk Anda yang sedang mencari informasi lengkap mengenai desain grafis, jangan lewatkan artikel ini. Sebab, Anda akan mendapat wawasan mengenai definisi desain grafis, jenis-jenis desain grafis, tugas dan tanggung jawab, keunggulan menjadi seorang yang menguasai desain grafis, hingga profesi yang cocok untuk para desainer grafis di sini.

Apa Itu Desain Grafis?

Desain grafis adalah bentuk komunikasi secara visual untuk menyampaikan maksud tertentu dari sebuah objek yang dimilikinya. Baik itu yang berupa foto, gambar, ilustrasi, hingga bentuk seni abstrak yang tertuang pada sebuah media.

Maka dapat kita simpulkan juga bahwa pekerjaan desain grafis memerlukan kreativitas yang unik dan berbeda dalam bentuk visual, agar dapat menyampaikan pesan seefektif mungkin kepada masyarakat.

Sebagai contoh, Anda dapat melihat bentuk dari sebuah desain grafis yang ada pada baliho di pinggir jalan. Dengan ukuran media yang besar dan desain grafis yang menarik, maka kombinasi dari kedua hal ini dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk menyampaikan sebuah pesan atau ide.

Tidak ada standar khusus yang harus terpenuhi ketika seseorang membuat desain grafis. Ini adalah salah satu keunggulan desain grafis. Selama pesan, ide, atau gagasan yang dimaksud tercapai, maka tujuan utama dari sebuah desain grafis sudah terpenuhi.

Desainer grafis adalah sebutan untuk orang yang membuat sebuah desain grafis. Para desainer grafis dapat menuangkan idenya pada sebuah media baik itu menggunakan berbagai jenis perangkat lunak yang canggih, atau menggunakan alat-alat gambar atau tulis manual.

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Desainer Grafis?

Serba-serbi Desain Grafis: Definisi, Tugas dan Keunggulannya-Green Academy

Photo by Tran Mau Tri Tam on Unsplash

Menjadi seorang desainer grafis memerlukan ketekunan, determinasi dan tingkat kreativitas yang mau untuk terus beradaptasi dengan tren yang berlaku setiap saat.

Hal di atas merupakan poin penting yang harus para desainer grafis miliki. Sebab, desain grafis akan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi pada sebuah era.

Sebenarnya, untuk menjadi seorang desainer grafis, Anda tidak memerlukan pendidikan khusus. Namun, jika Anda memilikinya, maka itu akan sangat membantu pada proses pertumbuhan Anda sebagai seorang desainer grafis.

Anda juga tidak perlu khawatir ketika tidak memiliki kemampuan menggambar yang baik, karena skill ini dapat bertumbuh seiring dengan pengetahuan Anda yang semakin luas.

Namun setidaknya, Anda perlu memahami dasar-dasar dari teknik menggambar dan menguasai beberapa hal di bawah ini sebagai modal untuk menjadi seorang desainer grafis yang andal.

1. Hard Skill

Hard skill yang wajib dimiliki para desainer grafis tak jauh dari menguasai beberapa perangkat lunak atau software desain grafis populer seperti; Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Lightroom, dan lain-lain.

Bagi Anda yang masih memiliki skill desain grafis yang mendasar, Anda dapat mencoba untuk menggunakan Canva sebagai media belajar untuk memahami dasar dan teknik-teknik membuat desain grafis dengan sangat mudah.

Selain itu, aplikasi perangkat lunak gratis GIMP juga dapat Anda coba untuk memahami dasar penggunaan dari Adobe Photoshop, sebuah aplikasi editing foto berbayar yang sangat powerful.

Dengan menggunakan dan memahami penggunaan berbagai aplikasi di atas, setidaknya Anda akan memahami dasar-dasar dari desain grafis yang akan memudahkan proses belajar Anda menjadi seorang desainer grafis yang mahir.

2. Soft Skill

Jika Anda ingin belajar dan menjadi seorang desainer grafis, selain memahami dan menguasai editing software yang telah disebutkan di atas, Anda juga wajib memiliki soft skill yang dapat menunjang pekerjaan desainer grafis. Apa saja?

●       Kreativitas

Kreativitas adalah modal dasar dan wajib para desainer grafis miliki. Semakin tinggi tingkat kreativitas dari seorang desainer grafis, maka skillnya akan kian terasah dan cermat terhadap perkembangan tren yang sedang hype di dunia desain grafis.

Selain itu, kreativitas juga merupakan hal mendasar yang sangat penting karena dapat membantu memudahkan pekerjaan ketika klien menginginkan suatu desain spesifik yang unik. Kreativitas dari seorang desainer grafis akan menjadi ‘harga jual’ bagi karya-karya yang mereka miliki dan hasilkan.

●       Communication Skill

Soft skill selanjutnya yang harus ada pada seorang desainer grafis adalah kemampuannya dalam berkomunikasi dan menyampaikan maksudnya dengan baik. Komunikasi merupakan hal yang penting karena, hampir seluruh pekerjaan desainer grafis memerlukan komunikasi yang akan terus terjalin antara dirinya dan klien yang menggunakan jasanya.

Desainer grafis harus andal dalam memahami dan memenuhi keinginan klien agar desain grafis yang tercipta dapat sesuai dengan keinginan klien.

Setelah itu, tugas dan tanggung jawab desainer grafis yang akan menyampaikan ide, tujuan, dan gagasan tersebut dalam bentuk visual yang bernama desain grafis.

Jadi, untuk dapat menjadi seorang desainer grafis setidaknya Anda harus menguasai hard skill dan soft skill yang telah kami sebutkan di atas. Anda juga dapat upgrade skill menggambar dan desain dengan cara belajar dari media YouTube dengan gratis dan mudah.

Tugas Desainer Grafis

Jika Anda mengira bahwa tugas dari seorang desainer grafis hanyalah menciptakan sebuah gambar, visual, atau foto yang menarik, maka perkiraan Anda kurang tepat.

Selain membuat sebuah desain, para desainer grafis juga memiliki tuntutan untuk melakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Menjalin komunikasi dengan klien mengenai ide awal dan gagasan dari desain grafis yang klien inginkan
  • Memberitahu jenis desain grafis yang cocok untuk menjangkau konsumen tertentu
  • Menentukan pesan apa yang akan disampaikan pada konsumen melalui desain grafis
  • Membuat desain grafis yang original untuk mewujudkan pesan dan ide dari klien dengan cermat
  • Mempresentasikan hasil desain yang sudah tercipta pada klien untuk menunjukkan hasil awal apakah sudah sesuai dengan keinginannya atau belum
  • Melakukan revisi desain jika klien meminta dan mengerjakannya dengan mengamati masukan dari keinginan klien
  • Jika klien sudah cocok dengan desain grafis yang sudah tercipta, melakukan final review untuk memastikan bahwa hasil akhir dari desain grafis tersebut tidak ada kesalahan sedikitpun.

Tugas-tugas desainer grafis di atas adalah tugas umum dan mendasar yang wajib para desainer grafis antisipasi. Tentu pada kenyataannya mungkin tugas dari desainer grafis satu dengan yang lainnya akan berbeda, tergantung pada posisi yang dipegangnya, tempat di mana ia bekerja, dan klien yang bekerja sama dengannya.

Namun pada intinya, tugas dari seorang desainer grafis akan meliputi semua proses perencanaan, pembuatan, pengembangan, hingga hasil akhir dari sebuah desain grafis.

Jenis-Jenis Desain Grafis

Serba-serbi Desain Grafis: Definisi, Tugas dan Keunggulannya-Green Academy

Photo by UX Indonesia on Unsplash

Tidak hanya bertugas untuk mendesain dan membuat sebuah poster atau logo, namun tugas seorang desainer grafis bisa beragam. Sebab, jenis desain grafis sendiri juga cukup beragam, bergantung pada perannya dalam sebuah perusahaan.

Sebagai contoh, berikut adalah beberapa jenis desain grafis yang banyak dicari oleh perusahaan

1. UI/UX Desain Grafis

Jika Anda membuka portal website yang menyediakan lowongan pekerjaan, Anda akan menemukan bahwa banyaknya lowongan yang ditujukan untuk UI/UX graphic designer.

UI/UX sendiri adalah singkatan dari User Interface / User Experience. Nah, tugas desainer UI/UX adalah mendesain tampilan antarmuka, tampilan penggunaan, dan pengalaman pada sebuah aplikasi.

Dengan semakin maraknya penggunaan smartphone pada saat ini, maka permintaan untuk para UI/UX graphic designer juga sangat tinggi. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan jasa mereka untuk mengembangkan tampilan pada aplikasi yang mereka miliki.

2. Motion Desain Grafis

Untuk jenis desain grafis yang satu ini, visual yang klien minta akan berbentuk gambar yang bergerak. Hasil akhir dari desain grafisnya dapat berupa video, GIF, logo yang bergerak, presentasi, animasi, dan lain-lain.

Motion desain grafis memerlukan skill yang sedikit lebih rumit jika dibandingkan dengan desain grafis gambar yang tidak bergerak. Pasalnya, jenis desain grafis yang satu ini memerlukan penguasaan dasar pada aplikasi perangkat lunak video editing.

3. Apparel Desain Grafis

Desain grafis Apparel adalah sebuah jenis desain grafis yang memiliki peluang pekerjaan yang sangat besar. Cabang desain grafis yang satu ini akan fokus untuk pengerjaan dan pembuatan desain-desain yang akan digunakan pada produk fashion, seperti baju, kaos, jaket, topi, hingga sepatu.

Dengan luasnya cakupan produk pada apparel desain dan minat besar dari masyarakat akan produk-produk tersebut, maka pekerjaan ini sangat menjanjikan. Terbukti, sampai sekarang posisi ini masih menjadi salah satu cabang desain grafis yang banyak dicari oleh pasar.

Selain ketiga contoh di atas, masih ada jenis lain dari cabang desain grafis seperti, desain grafis kemasan, desain grafis publikasi, desain grafis periklanan, dan lain-lain.

Keunggulan Menjadi Seorang Desainer Grafis

Menjadi seorang desainer grafis memiliki berbagai macam keunggulan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Bekerja dengan fleksibel. Anda dapat bekerja dari rumah hanya dengan bermodalkan aplikasi editing dan kreativitas dalam menciptakan sebuah desain
  • Banyaknya peluang pekerjaan akan membuat para desainer grafis setidaknya lebih mudah dalam menemukan pekerjaan
  • Dapat memiliki usaha sendiri jika sudah mahir dalam membuat desain grafis dan memiliki pengalaman yang matang
  • Gaji desainer grafis yang relatif besar akan ditawarkan bagi para desainer grafis yang handal dan memiliki tingkat kreativitas yang tinggi
  • Klien dari luar negeri dapat menggunakan jasa Anda dalam membuat sebuah desain grafis melalui situs website yang menyediakan freelance

Itulah sedikit contoh keunggulan dari seorang desainer grafis secara umum. Berbagai keuntungan tersebut dapat Anda jadikan motivasi untuk menjadi seorang desainer grafis yang kreatif.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo persiapkan diri Anda untuk belajar desain grafis sekarang juga bersama Green Academy! Bersama Green Academy, Anda pun bisa semakin mempersiapkan diri dalam berbagai hal seputar desain grafis, hingga benar-benar bisa mewujudkan impian menjadi seorang grafis desainer terbaik.

Sebagai informasi, Green Academy merupakan salah satu lembaga kursus atau pelatihan di berbagai bidang, mulai dari desain grafis, IT, hingga bahasa Korea dengan tenaga pendidik yang pastinya telah ahli di bidangnya.

Mengikuti kursus dan pelatihan di Green Academy akan memberikan Anda pengalaman sekaligus pengetahuan baru yang tentu berguna, terutama bila Anda ingin menambah pengetahuan terkait bidang atau profesi yang Anda minati.

Kesimpulan

Desain grafis adalah sebuah bentuk komunikasi media visual dengan menggunakan foto, video, logo, ilustrasi, dan yang semacamnya untuk menyampaikan sebuah ide, pesan atau gagasan kepada konsumen dan masyarakat.

Pekerjaan desainer grafis akan selalu ada dan banyak perusahaan cari. Karena tren desain yang terus berubah dan akan terus berkembang.

Pekerjaan ini membutuhkan kecakapan dalam menggunakan aplikasi editing seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, atau yang sejenisnya. Selain itu, para desainer grafis juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik kepada klien yang bekerja sama dengannya.

Berbagai keunggulan seperti bekerja fleksibel, gaji yang relatif besar, hingga bekerja sama dengan klien luar negeri dapat Anda rasakan jika Anda memutuskan untuk menjadi seorang desain grafis.

1. Apa definisi atau pengertian dari desain grafis?

Desain grafis adalah bentuk komunikasi secara visual untuk menyampaikan maksud tertentu dari sebuah objek yang dimilikinya. Baik itu yang berupa foto, gambar, ilustrasi, hingga bentuk seni abstrak yang tertuang pada sebuah media.

2. Apa tugas utama dari profesi di bidang desain grafis?

Pada intinya, tugas dari seorang desainer grafis akan meliputi semua proses perencanaan, pembuatan, pengembangan, hingga hasil akhir dari sebuah desain grafis.

3. Apa saja keunggulan atau kelebihan dari pekerjaan desain grafis?

Profesi di bidang desain grafis memiliki beberapa keunggulan, seperti misalnya: bekerja dengan fleksibel, banyak peluang kerja, hingga gaji yang relatif besar dan menjanjikan.

 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *