creatie
|

Creatie, Tool UI/UX Pengganti Figma?

Apakah Anda Masih Hanya Menggunakan Figma?

creatie

Meskipun baru diluncurkan kurang dari sebulan, ada alat desain UI/UX berbasis AI yang telah menerima lebih dari 1.400 suara di *Product Hunt dan terdaftar sebagai produk populer bulan ini. Memperkenalkan Creatie, alat UI/UX generasi berikutnya yang diharapkan akan mengalahkan dominasi Figma.

  • Product Hunt: Sebuah platform di mana para pengembang di seluruh dunia dapat mengunggah produk mereka dan menerima umpan balik dari pengguna.

Poin yang paling membedakan antara Creatie dan Figma adalah beragam fungsi yang memanfaatkan AI. Di Figma, berbagai fungsi yang memerlukan instalasi dan penggunaan plug-in telah diinstal secara standar di Creatie, menjadikannya lebih unggul dalam hal kenyamanan. Berikut adalah empat keunggulan Creatie, alat UI/UX yang semakin kuat berkat pemanfaatan AI.

Kompatibilitas yang Luar Biasa Dari Creatie

Anda dapat mengimpor pekerjaan yang dilakukan di program lain dan menggunakannya secara langsung. Creatie kompatibel tidak hanya dengan Figma tetapi juga dengan Sketch dan Adobe.

creatie

Komponen yang Dihasilkan Secara Otomatis

Ini adalah fungsi yang secara otomatis menampilkan daftar komponen yang diinginkan ketika Anda memilih area tanpa harus mencari dan menempelkan plug-in atau template satu per satu. Anda dapat membuat prototipe yang hebat tanpa pengetahuan desain. Daftar jenis gambar bahkan dimasukkan saat Anda menyisipkan komponen yang dihasilkan secara otomatis, sehingga Anda dapat dengan cepat memeriksa hasil kasarnya.

    • Komponen dibuat hanya dengan beberapa kali seret

    • Gambar ditambahkan secara otomatis begitu komponen dibuat

Fungsi Review Desain

Jika Anda memilih Review, AI akan memeriksa teks, nilai sudut, padding, margin, dan efek sekaligus. Anda dapat menerapkan saran semuanya sekaligus, atau menerapkannya satu per satu, dan bahkan memberikan saran apakah nilai warna sesuai untuk pengguna buta warna.

    • Tombol Review

    • Ketika saya mengubah nilai setelah beberapa pilihan, itu diperbaiki saat saya meninjau semuanya sekaligus.

Fungsi Pembuatan Gambar

Sudah banyak AI pembuat gambar seperti DALL·3 dan Midjourney, tetapi fakta bahwa mereka dapat digunakan dalam satu program adalah keunggulan kompetitif yang jelas. Ada juga tombol untuk memilih gaya gambar yang dicetak, membuatnya lebih mudah untuk membuat gambar stok. Creatie juga dilengkapi dengan fungsi peningkatan gambar seperti secara otomatis memilih gambar dan mengubahnya menjadi resolusi tinggi atau vektorisasi.

    • Cukup masukkan teks dan pilih gaya untuk membuat gambar yang Anda inginkan.

    • Meningkatkan gambar yang dipilih menjadi definisi tinggi (Upscaler)

Baca juga: 10 Tips Meningkatkan Kegunaan (Usability) Desain UI/UX

Sikap yang Diinginkan Terhadap AI

Creatie tampaknya masih memiliki banyak kekurangan untuk sepenuhnya menggantikan Figma. Namun, saya pikir ini dengan tepat menunjukkan potensi kecerdasan buatan sebagai alat desain. Dari perspektif desainer, perkembangan AI mungkin terasa mengganggu karena tampaknya meremehkan nilai keterampilan manual yang terampil. Namun, jika Anda dapat memanfaatkan AI dengan baik, Anda akan dapat mengurangi waktu yang terbuang untuk detail yang tidak perlu dan lebih dekat ke hal-hal yang lebih penting seperti mengumpulkan ide, memverifikasi hipotesis, dan berkomunikasi dengan pengguna. Saatnya untuk lebih banyak berpikir tentang apa yang tidak dapat digantikan oleh kecerdasan buatan dan berfokus pada esensinya.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *